Sejarah Tentang Pulau Tidung

image

Sejarah tentang Pulau Tidung Konon Nama Tidung sendiri telah diberikan oleh Raja Pandita yang berasal dari Kalimantan dengan mengambil dari nama suku Tidung di Kalimantan. Raja Pandita adalah seorang bangsawan yang sangat kharismatik dan hebat, yang pada saat itu aktif menentang imperialisme Belanda dan kemudian beliau diasingkan di pulau yang dinamakan Tidung ini. Ada juga cerita yang mengatakan bahwa Ki Turuf yang pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini dan menamainya Tidung.

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Seribu yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil dengan luas kurang lebih 109 hektar memiliki penduduk sekitar 4000 jiwa.

menurut sejarah Warga Pulau Tidung terbagi atas 2 suku keturunan yaitu suku Tidung Kalimantan yang dibawa oleh Raja Pandita serta suku Tidung Banten yang dibawa oleh Ki Turuf/Panglima Hitam dari Kerajaan Syarif Hidayahtullah Cirebon. Oleh karena perpaduan ini maka aksen berbicara penduduk Pulau Tidung menjadi unik.

Entah sejarah mana yang sebenarnya, tapi yang perlu di garis bawahi adalah Pulau Tidung menjadi saksi sejarah adanya 2 orang besar yang pernah tinggal dan wafat disana. Dan sampai saat ini pulau ini semakin banyak penduduknya.

Pada tahun 2011, dilakukanlah pemindahan makam Raja Pandita dari yang awalnya terletak di ujung barat ke area pemakaman saat ini. Pemindahan makam tersebut dihadiri oleh keluarga Raja Pandita yang berasal dari Pulau Tidung dan aparat pemerintahan baik dari Kuala Malinau maupun dari Pulau Tidung dan Kepulauan Seribu.

Sejarah Pulau Tidung

Acara tersebut dilakukan pada hari Sabtu ketika para wisatawan sedang membanjiri pulau ini. Pemilihan hari tersebut sengaja dilakukan sebagai salah satu usaha untuk memberitahukan kepada para wisatawan bahwa Pulau Tidung memiliki potensi wisata sejarah.

Wisata sejarah di Pulau Tidung memang belum sepopuler keindahan alam bawah lautnya dan  jembatan cinta yang menjadi ikon Pulau Tidung.  Dengan demikian, wisata bahari Pulau tidung telah menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Namun sayangnya, belum banyak yang tahu bahwa pulau ini memiliki potensi wisata sejarah dan wisata flora yang dapat Anda nikmati.

Jika anda berminat liburan ke pulau tidung, silahkan datang ke lokasi wisata Pulau Tidung

Tue, 29 Jan 2013 @23:56


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Wisata Pulau Tidung
image

Wisata Kepulauan Seribu

image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
Menu Utama
Info Terbaru
Customer Service

YM
Telp 082125 6666 85
085881 6435 81
BB 211F68A7
E-mail pulauseributraveling@yahoo.com
fb-pulautidung  twitter

Payment

BCA Rek
A/n
: 583-0262-590
: Maulana Yasir
Mandiri Rek
A/n
: 168-00-0023266-8
: Maulana Yasir
Mandiri Rek
A/n
: 149-704-6996
: Maulana Yasir

Visitors

Buku Tamu

Flag Counter

Copyright © 2018 Pulau Tidung:: Paket wisata Pulau Tidung · All Rights Reserved
RSS Feed